Minggu, 15 Juni 2008

Haul Bung Karno

BULAN BUNG KARNO

Bulan Juni di Blitar di peringati sebagai bulan Bung Karno, pada bulan ini dilaksanakan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan Proklamator Kemerdekaan Indonesia dan sekaligus presiden pertaman RI.
Pada tanggal 1 Juni 2008 dilaksanakan acara Grebeg Pancasila.

Grebeg Pancasila adalah suatu upacara hari lahirnya Pancasila pada tanggal 1 Juni yang didesain sebagai peristiwa budaya. Upacara ini berbeda dengan upacara lainnya. Ritus upacara ini berisi 3 (tiga) mata acara pokok yaitu:

1. Upacara Budaya
2. Kirap Gunungan Limo
3. Kenduri

Upacara ini selalu diadaka
n sekali dalam setahun di kabupaten Blitar. Hal ini ditujukan untuk mengenang proses pembuatan Pancasila yang menjadi landasan hukum Indonesia. Upacara ini juga diikuti oleh semua masyarakat Blitar dan sering dihadiri oleh pejabat-pejabat Indonesia.


Pada tanggal 20 Juni 2008 nanti akan dilaksanakan kegiatan HAUL BUNG KARNO, kegiatan tersebut dilaksanakan di Istana Gebang yang merupakan rumah Bung Karno.Rumah ini merupakan rumah tempat tinggal Orang Tua Proklamator Bung Karno. Bangunan ini dianggap sebagai bangunan yang bersejarah di Blitar. Istana ini tidak jauh dari Makam Bung Karno kira kira 2 km ke arah selatan, tepatnya di Jalan Sultan Agung No. 69 Kota Blitar. Di rumah tersebut tiap tahun diadakan acara Haul yang ramai dikunjungi orang, begitu juga banyaknya kesenian yang ikut memeriahkan acara haul tersebut. Keluarga Soekarno juga masih sering berkumpul di istana ini.

Pada kegiatan Haul Bung Karno nanti rekan-rekan RAPI Wilayah 03 Blitar ikut serta dalam membantu komunikasi untuk kelancaran dan kesuksesan acara tersebut. Bagi rekan-rekan yang berkenan datang untuk mengikuti acara tersebut bisa mendapatkan panduan perjalanan maupun panduan info kegiatan dan info penginapan serta fasilitas umum yang mendukung acara tersebut pada frekuensi 143.200 Mhz...


Kami Tunggu Kehadiran Anda di Blitar
51 55

Tidak ada komentar: