Minggu, 02 Juni 2013

Bankom Grebeg Pancasila

RAPI Blitar - Blitar, Grebeg Pancasila merupakan agenda rutin pemerintah Kota Blitar dalam memperingati hari lahirnya Pancasila setiap tanggl 1 Juni. Dan pada setiap kegiatan tersebut RAPI Blitar mendapat kepercayaan dan kesempatan untuk berpatisipasi aktif untuk membantu sukses dan lancarnya Grebeg Pancasila.

Rangkaian Grebeg Pancasila dimulai pada tanggal 31 Mei 2013, diawali Bedhol Pusaka yang kemudian digelar Kirab Bedol Pusaka dan Pawai Lampion, acara ini dalam menyambut hari kelahiran Pancasila. Dalam kirab ini ada 5 lima Pusaka Nagari yang dikirab, yakni Garuda Pancasila, bendera Merah Putih, teks Pancasila, teks Pidato Bung Karno, foto Bung Karno. Pusaka tersebut dikirab sepanjang dua kilometer, dimulai dari rumah dinas walikota hingga kantor Pemkot Blitar. Kirab Pusaka ini dimeriahkan dengan Pawai Lampion, pada tahun ini diikuti sekitar 85 peserta pawai yang dibagi dalam 3 kelompok Kelompok A dari unsur Akademis (sekolah sekolah di Kota Blitar), kelompok B unsur pemerintahan mulai tingkat kelurahan hingga SKPD, kelompok C unsur swasta dan lembaga kemasyarakatan.


Pada tanggal 1 Juni 2013 RAPI Blitar turut berpartisipasi dalam Upacara Budaya, Kirab Gunungan Lima dan Kenduri Pancasila. Upacara Budaya yang diselenggarakan di alun-alun Kota Blitar, Kirab Gunungan Lima yang dilaksanakan dari alun-alun Kota Blitar menuju Makam Bung Karno, dan Kenduri Pancasila yang dilaksanakan di Perpustakaan Bung Karno. Upacara Budaya yang didesain sebagai peristiwa budaya. Dilaksanakan oleh seniman-seniman Blitar, dengan sentuhan dan piranti etik dan estetika tanpa meninggalkan kekhidmadan dan makna sebuah upacara. Jalannya Prosesi Grebeg Pancasila selain dikemas melalui sentuhan seni dan budaya juga dikolaborasikan dengan unsur-unsur sejarah yang menyertainya. Rekaman pidato Bung Karno berkumandang, disusul prosesi Gunungan Lima.

Arak-arakan Gunungan Lima, sebagai penggambaran Lima Dasar Pancasila. Simbol gunungan itu dikawal Prajurit Siji, Prajurit Enem, dan Prajurit Patang Puluh Lima menandai hari lahir Pancasila, 1 Jumi 1945. Selain pengawal Gunungan Lima, kirab ini juga diikuti Pasukan Bhineka Tunggal Ika dan diiringi Dayang Ayu dan Dayang Bagus. Arak-arakan Gunungan Lima berakhir di Makam Pencetus gagasan Pancasila Bung Karno, yang terletak di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Blitar. Akhir Prosesi ini disebut dengan Kenduri Pancasila. Puncak acara Kenduri ini berupa ngalap berkah.Gunungan Lima akan diberikan kepada para pengunjung dan masyarakat sekitarnya.



Tidak ada komentar: